Serpong, SUARA TANGSEL
– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang
Selatan (Tangsel) berhasil meraih sertifikat International Organization for
Standardization (ISO) 9001:2008 dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan
Pencatatan Sipil (Dukcapil) dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2016 di Palembang, Rabu (30/3).
Tangsel merupakan satu di antara sepuluh kabupaten/kota yang
meraih berhasil sertifikat ISO itu. Penghargaan itu langsung diberikan Dirjen
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fahrullah kepada walikota Airin
Rachmi Diany di Palembang.
Dirjen Kependudkan dan Pencatatan Sipil Prof Dr Zudan Arif
Fahrullah mengatakan, penerima piagam penghargaan ini merupakan bentuk komitmen
dan bekerhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan KTP elektronik,
sehingga 10 kabupaten/kota berhasil mencapai target penerbitan KTP elektronik
dari seluruh penduduk wajib KTP yang sudah terekam, telah dicetak KTP
elektroniknya.
Usai menerima penghargaan itu walikota Airin Rachmi Diany
mengatakan, sertifikat ISO 9001:2008 yang diberikan kepada kota Tangsel
merupakan bukti keberhasilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)
kota Tangsel dalam bidang manajemen dan sistem administrasi pelayanan publik.
“ISO 9001 ini diberikan atas dasar penilaian terhadap
bagaimana Disdukcapil memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik dari
manajemen atau sistem administrasinya. Karena itu, dengan diterimanya
sertifikat ISO ini, saya berharap, pelayanan di Disdukcapil Tangerang Selatan
akan lebih baik lagi,” kata Airin.
Sementara itu, kepala Disdukcapil kota Tangsel, Toto Sudarto
mengatakan, ISO ini akan dijadikan sebagai barometer atau titik awal dalam
upaya meningkatkan pelayanan. Meski tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyaknya
pengaduan terkait pelayanan administrasi dan kependudukan di dinas yang
dipimpinnya. Untuk itu, ia akan melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang
diberikan kepada masyarkat, agar lebih baik lagi.
“Penghargaan ini merupakan bukti tercapainya standar atau
kualitas pelayanan yang telah dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat standar
manajemen mutu tersebut,” ujar Toto.
Pengahargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dari semua
unsur dan jenjang pemerintahan yang menangani dan melayani masalah kependudukan
hingga tercapai pelayanan yang lebih cepat, tepat dan berkualitas disertai
dengan sistem administrasi kependudukan yang lebih lengkap dan memadai.
“Saya berharap agar apa yang sudah dicapai ini dapat
dipertahankan dan terus ditingkatkan, terutama terikait dengan pelayanan kepada
masyarakat. Penerbitan sistem manajemen mutu international ISO 9001 : 2008 oleh
International Organization for Standardization (ISO) ini telah diterapkan juga
di Eropa, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia dan Jepang. Tujuannya adalah
untuk menjamin bahwa organisasi itu baik pemerintah maupun swasta akan
memberikan pelayanan yang memenuhi standar
yang dipersyaratkan,” harap Toto.
(Once/Fauzie)
0 Response to "Tangsel Raih ISO 9001 di Bidang Kependudukan"
Posting Komentar